Ritase Academy

jenis truk pengiriman

5 Jenis Truk Pengiriman dan Kapasitasnya

Truk menjadi salah satu moda transportasi yang digunakan sebagai alat angkut berbagai jenis barang, baik bahan material, hasil bumi, hasil produksi pabrik dan lain-lain. Kebutuhan truk untuk menunjang usaha dan keperluan logistik sangat penting sehingga pengetahuan terkait jenis truk sangat dibutuhkan. Terdapat beberapa Jenis-jenis truk pengiriman untuk mengangkut barang-barang tersebut sesuai dengan model, kapasitas dan daya angkut.

Terkadang kita masih bingung dalam hal menentukan jenis kendaraan yang dibutuhkan untuk mengangkut barang-barang tersebut. Entah dari model, kapasitas serta daya angkut harus diperhitungkan dan dari kriteria tersebut juga menjadi dasar perhitungan budget yang akan dikeluarkan. Untuk itu yuk cari tau jenis-jenis truk dan kapasitasnya.

COLT DIESEL ENGKEL (CDE)

Colt Deisel Engkel atau biasa di singkat truk CDE termasuk ke dalam golongan jenis truk yang kecil. Truk CDE ini memiliki jumlah roda sebanyak 4 buah. Ciri-cirinya terdapat 2 roda di bagian depan dan 2 buah roda di bagian belakang. Daya angkut truk CDE ini adalah hingga sekitar 5 ton. Keunggulan dari truk CDE ini karena bisa digunakan hingga masuk ke jalan kecil dengan gang yang sempit dan juga karena truk ini masih diijinkan untuk bisa melintasi jalan tol dalam kota.

COLT DIESEL DOUBLE (CDD)

Berikutnya ada truk CCD, yang sering digunakan untuk jasa ekspedisi pengiriman barang. Jika Truk CDE hanya memiliki ban total 4 buah, berbeda dengan Truk jenis CDD ini, truk tersebut memiliki ban double pada bagian belakangnya, secara total truk ini memiliki 6 buah roda  yakni 2 buah roda di bagian depan dan 4 buah roda lagi di bagian belakang. Truk CCD ini memiliki daya angkut hingga sekitar 8 ton. Syarat untuk mengemudikan truk jenis ini adalah harus memiliki SIM B polos jika plat truknya adalah Hitam dan SIM B Umum jika plat truknya adalah yang berwarna Kuning.

Baca juga : Ritase, Platform Logistik Berbasis Digital 

Fuso

Truk jenis Fuso ini jumlah roda adalah sama dengan jumlah roda CCD. Yang membuatnya berbeda adalah ukuran roda dan ukuran bannya yang jauh lebih besar. Daya angkut truk fuso ini juga lebih besar yakni mencapai hingga 12 ton. Guna mengemudikan truk Fuso ini diperlukan SIM B1 baik yang umum ataupun yang polos.

Baca juga : Orderan Balikan (Backhaul)

Tronton

Tronton merupakan jenis truk yang mempunyai roda secara total sebanyak 10 buah. Terdapat 2 buah roda di bagian depan dan ada 8 buah roda d bagian belakang dengan 2 buah sumbu axel, yang masing -masing sumbu akan memikul 4 buah roda.

Trailler

Trailer merupakan jenis truk yang paling besar dan yang paling lambat jalannya, karena mengangkut berbagai barang berat seperti  peti kemas, atau beton-beton jembatan, atau tiang pancang dan lain sebagainya. Truk ini jumlah rodanya sekitar 16 buah hingga 24 buah.

Nah itu dia beberapa jenis truk yang umumnya digunakan untuk pengiriman. Dari beberapa jenis truk tersebut diatas masih banyak lagi jenis truk lainnya berdasarkan model gandengan nya mulai dari Flat, Bak, Box hingga wing box sesuai dengan kebutuhan pengiriman.

Share article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

    8 Comments

Leave A Reply

Your email address will not be published.