Ritase Academy

Backhaul

Dapat muatan balik di Ritase? Gampang banget​

Apa itu Muatan Balik atau Backhaul?​

Backhaul shipment atau muatan balik adalah shipment yang berasal dari titik tujuan muatan sebelum nya, ke arah daerah asal muatan sebelum nya.

Shipment muatan balikan sangat penting untuk transporter, karena biaya pengiriman pulang pergi dapat dibantu tercover dengan muatan balikan ini. 

Biasanya, transporter sudah menghitung biaya yang akan dikeluarkan untuk satu kali pengiriman beserta biaya balikannya dengan asumsi muatan balik kosong. Padahal, jika truk tersebut bisa diisi muatan kembali ke daerah awal pengiriman, transporter akan mendapatkan pemasukan tambahan. Bahkan, ongkos kirim muatan balik nya bisa ditekan dan lebih murah.

Tantangan mendapatkan muatan balik (backhaul)​

Pertama, kurangnya informasi muatan adalah faktor utama kesulitan para pengurus transporter untuk mendapatkan muatan balik (Backhaul).

Transporter biasanya memilih bergabung dalam forum-forum transporter atau supir. Dimana biasanya ada informasi penawaran muatan pada daerah tertentu. Tapi masalahnya, forum tersebut sangat bervariasi dan tidak ada yang fokus untuk memberikan informasi muatan.

Kedua, setelah informasi muatan tersedia, kadang banyak informasi yang tidak lengkap dan kurang sesuai dengan ketersediaan unit yang transporter miliki.

Ketiga, ketepatan lokasi tujuan pengiriman sering tidak tepat dengan kebutuhan transporter yang biasanya membutuhkan muatan balik ke daerah asal transporter.

Dapat muatan balik di Ritase ? ​

Ritase memberikan solusi yang terintegrasi dengan shipment sebelum nya. Pada setiap kali transporter melakukan bidding di sistem Ritase, akan ada pilihan untuk transporter bersedia dicarikan muatan balik oleh Marketplace Ritase.

carikan muatan balikan

Setelah transporter memilih pilihan “Carikan balikan untuk shipment ini”, Ritase akan melakuan pencarian dan memberikan penawaran kepada transporter jika ada informasi terkait muatan balikan di sistem Ritase. Detil muatan balikan akan diberikan secara terperinci, sehingga transporter mempunyai visibility untuk menentukan apakah muatan tersebut bisa diambil atau tidak melalui sistem Bidding Ritase.

harga muatan balik (backhaul)

Penawaran muatan akan terlihat di menu Bidding Ritase TMS, dan transporter bisa langsung melakukan penawaran untuk muatan balik tersebut (backhaul). Sangat mudah untuk dapat muatan balik (backhaul) Ritase bukan?

Selengkapnya, untuk tutorial mendapatkan muatan balik (backhaul) di Ritase TMS bisa menginkuti tutorial berikut.

Tambahan, untuk Anda yang ingin mendapatkan update terkait dunia logistik bisa mengunjungi link berikut

Share article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

    4 Comments

Leave A Reply

Your email address will not be published.